Bersama Kemendikbud, Intel Umumkan Program Intel AI for Youth

Intel Indonesia mengumumkan program Intel AI for Youth, hasil kolaborasinya dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Orbit Future Academy. Program ini ditujukan untuk memperluas kesiapan kecerdasan buatan (AI) di sekolah negeri.

Selain itu, program ini ditujukan untuk memberdayakan siswa dalam memanfaatkan AI untuk membangun Indonesia yang inovatif, selaras dengan tujuan penerapan industri 4.0.

Pada tahap pertama, Intel akan memilih 100 siswa dan 40 guru dari 20 sekolah dari seluruh Indonesia untuk menerapkan prinsip teknik yang dipelajari dari program ini, dalam mengembangkan solusi berbasis teknologi.

“Teknologi AI telah digunakan di seluruh dunia untuk memecahkan tantangan sosial, ekonomi, dan kesehatan, termasuk Covid-19. Dalam hal ini, program Intel® AI for Youth dapat membantu siswa Indonesia dengan menyediakan akses pada perangkat AI, kurikulum, dan pelatihan,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim.

Dari tahap pertama program ini, tiap sekolah diharapkan mampu mengembangkan solusi untuk memecahkan berbagai tantangan yang dihadapi sekolah dan masyarakat selama pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan AI.

Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tahap pertama, Intel Indonesia, Orbit Future Academy dan Kemendikbud menyebut akan memperluas program AI for Youth ini ke lebih dari 10.000 sekolah di 34 provinsi di Indonesia.

Sebagai informasi, AI merupakan satu dari lima pilar utama dalam pembuatan peta jalan industri Making Indonesia 4.0. Dan bersama negara lain di Asia Tenggara, Indonesia akan melaksanakan program kesiapan AI untuk sekolah ini, diklaim sebagai bentuk kontribusi dalam perencanaan nasional guna menyelaraskan pengembangan sumber daya manusia dengan keterampilan industri 4.0.

Penyelarasan ini juga diklaim dilakukan untuk mengatasi kesenjangan digital dan memperluas akses terhadap keterampilan teknologi yang diperlukan untuk pekerjaan saat ini dan masa depan. Indonesia merupakan negara kedua di ASEAN dan kesebelas secara global yang memperkenalkan program Intel AI For Youth di sekolah.

Program ini sebelumnya telah diluncurkan untuk sekolah di sejumlah negara termasuk India, Polandia, Korea Selatan, Jerman, Singapura, Inggris, Tiongkok, Rusia, Israel, dan Amerika Serikat.

Related articles

Fungsi Tes Instagram yang Menyarankan Akun Mana Yang Bisa Berhenti Mengikuti

Rata-rata, pengguna Instagram mengikuti 300 akun. Tetapi jika Anda mengikuti lebih banyak akun daripada rata-rata, Anda mungkin bertanya-tanya akun mana yang harus berhenti diikuti. Untuk menyederhanakan proses ini, Instagram dipandang sebagai mencoba fungsi akun yang direkomendasikan pengguna yang dapat dihentikan. Fungsi ini ditemukan oleh Jane Manchung Wong. Fungsi ini akan menampilkan tingkat akun terendah untuk […]

Jiwasraya Pernah Beli Saham Perusahaan Erick Thohir, Raup Untung Rp2,8 Miliar

Staf Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan, Jiwasraya mendapat keuntungan Rp2,8 miliar dari pembelian saham perusahaan media milik Erick Thohir, yakni Mahaka Media. Menurut Arya, persentase keuntungannya mencapai 18 persen. “Jadi untung ketika Jiwasraya beli saham Mahaka. Persentase keuntungannya 18 persen lebih, beda sama dia beli saham lain, saham gorengan,” ujar […]