Ini Bedanya Sleep dan Shutdown di Laptop

Laptop jadi perangkat komputasi mobile yang sangat bisa diandalkan selain smartphone. Perangkat ini bisa membantu Anda bekerja dari mengolah dokumen atau membuat presentasi yang sederhana hingga bermain game atau mengedit video di manapun tergantung spesifikasinya.

Fungsinya yang mobile membuat Anda bisa menggunakan laptop di mana saja, misalnya di kafe saat jam makan siang kantor atau di halte maupun stasiun saat menunggu moda transportasi menuju ke rumah. Makanya, setiap laptop hadir dengan pilihan mode Sleep dan Shut Down.

Keduanya sama-sama berfungsi menonaktifkan perangkat namun mungkin banyak dari pengguna laptop yang selama ini tidak menyadari perbedaannya bahkan jarang menggunakan mode Sleep. Padahal mode ini bisa sangat membantu gaya bekerja mobile dibandingkan Shut Down termasuk menghemat baterai laptop.

1. Apa Perbedaan mode Sleep dan Shut Down?

Shut Down adalah mode laptop benar-benar mati total. Jadi sama sekali tidak ada aplikasi maupun aliran listrik yang berjalan di dalamnya. Konsumsi daya ke baterai juga sepenuhnya berhenti.

Berbeda dengan mode Sleep. Perangkat laptop masih akan tetap menyedot daya dari baterainya dan aplikasi di dalamnya masih akan tetap berjalan meskipun belum ditutup saat masuk ke mode Sleep. Jadi kapasitas daya baterai akan tetap terkuras meskipun laptop tidak digunakan

2. Kapan momen yang tepat menggunakan mode Sleep dan Shutdown?

Mode Shut Down cocok dipilih apabila Anda berencana untuk tidak menggunakan laptop dalam beberapa jam ke depan, misalnya lebih dari lima jam. Semua aplikasi yang tadinya dibuka dan tidak ditutup saat proses Shut Down tidak akan langsung kembali tampil saat laptop dinyalakan.

Makanya mode Shut Down tidak tepat digunakan apabila Anda masih akan bekerja mobile atau dalam durasi satu jam masih akan kembali membuka laptop untuk digunakan. Misalnya, sekadar naik taksi untuk menuju lokasi rapat selanjutnya tapi pekerjaan di laptop saat di cafe belum selesai.

Berbeda dengan mode Sleep. Hal ini karena memori di laptop masih akan tetap bekerja untuk mengingat aplikasi atau data yang sedang dibuka. Saat laptop dibuka maka Anda tidak perlu membuka ulang aplikasi, langsung bisa melanjukan progres pekerjaan tadi.

3. Apa yang terjadi jika mode Sleep aktif hingga baterai laptop hampir habis?

Dikutip dari situs LaptopMag, mode Sleep secara otomatis akan berubah ke mode Shut Down saat perangkat mendeteksi kapasitas daya baterai di laptop hampir habis.

4. Bagaimana cara mengaktifkan mode Sleep?

Laptop saat ini sebetulnya sudah otomatis mengaktifkan mode Sleep saat layar laptop ditutup. Namun bagi Anda yang lebih ingin memastikannya bisa menemukan pilihan mode Sleep di bagian yang sama seperti akan mematikan laptop (Shut Down) yaitu dari menu Start.

Related articles

Cara Memindahkan Chat Whatsapp ke Perangkat lain

WhatsApp telah melihat kesuksesan luar biasa sejak dirilis pada tahun 2009, dan terus tumbuh dan berkembang pesat. Tahun lalu (2018), WhatsApp adalah Platform Sosial terpopuler ke-3, berdasarkan akun pengguna aktif, hanya di belakang Facebook dan YouTube.¬†Namun, itu adalah aplikasi Messenger yang paling banyak digunakan, bahkan di atas Facebook Messenger. Jadi, ketika Anda mendapatkan telepon baru, […]

10 Smartphone 2 jutaan, harga terbaik dan paling dicari

Smartphone sekarang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Objek canggih ini telah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, seolah-olah pabrikan smartphone juga berlomba membuat inovasi terbaru untuk produk mereka. Itu sebabnya mengubah ponsel telah menjadi hal biasa untuk memperbarui dan mengikuti perkembangan teknologi. Mereka mengubah ponsel untuk mendapatkan fitur-fitur […]