Ini Henoch Sitompul, Barber Langganan Pejabat Indonesia Bertarif Rp 1,5 Juta

Ini dekade terakhir tren fashion semakin berkembang, serta tren gaya rambut. Selama ini memiliki rambut yang indah menjadi impian wanita, tetapi sekarang impian itu juga semakin dilirik oleh pria. Proliferasi tukang cukur di beberapa kota, terutama Jakarta, menandai era keemasan tren rambut pria. Potongan rambut hari demi hari mulai bervariasi dan seringkali membentuk karya seni. Semua itu tak lepas dari tangan tukang cukur yang lihai.

Henoch Sitompul, seorang tukang cukur selebriti dan pendiri Pancos Barbershop berbagi kisahnya ketika dia memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan di sebuah perusahaan pertambangan dan asuransi untuk mengejar profesi berdasarkan hasrat. Menurutnya profesi tukang cukur di Indonesia masih sangat kurang dihargai. Ini membuatnya ditentang oleh keluarga ketika dia memutuskan untuk menjadi tukang cukur. Mengharuskan dia membayar untuk kehidupan istri dan anak-anaknya membuat Henoch bimbang. Dukungan dari istrinya akhirnya ia dapat. Pada 2013, ia memulai bisnisnya dari pintu ke pintu hingga membuka tempat pangkas rambut sendiri dengan hanya garasi rumahnya. Hasil karya Henoch semakin diminati oleh banyak orang.

henoch sitompul

Ambisi Henoch diwujudkan dengan studinya di Amerika Serikat pada 2014. Di sana Henoch bertemu dengan salah satu tukang cukur selebriti terkenal, Vince Garcia. Vince adalah tukang cukur selebriti terkenal, sebut saja Drake dan Tyrese. Setelah kembali dari negeri Paman Sam, Henoch Sitompul mencoba memberikan pendidikan kepada tukang cukur. Dan dia juga membuka kelas khusus yang diadakan pada akhir setiap bulan dengan peserta terbatas. Kredibilitas Henoch perlahan-lahan diperhitungkan, ini disertai dengan kenaikan tingkat potong rambut dari awal hanya 40 ribu rupiah per ekor sekarang menjadi 1.5 juta rupiah.

“Seorang barber profesional harus punya analytics skill, communication, craftmanship dan empathy.”

Dia mengatakan bahwa tukang cukur dan tukang cukur adalah dua hal yang berbeda. Tukang cukur pada dasarnya harus dibekali pengetahuan sehingga bisa memberikan edukasi kepada konsumen. Tidak seperti tukang cukur pada umumnya, yang hanya memotong. “Memotong rambut tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.” Sebelum saya mulai memotong rambut saya, saya harus mengenal anatomi kepala saya, jenis rambut dan karakter konsumen, “kata Henoch. Anda dapat mengatakan inilah yang coba ditawarkan Henoch di dunia tukang cukur Indonesia.Selain itu, menurutnya, tatanan rambut pria memengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang.

Peluang berikutnya untuk Henoch ditawarkan oleh salah satu stasiun TV lokal untuk menjadi juri dalam mencari tukang cukur berbakat (The Cuts Indonesia). Henoch segera menerima tawaran yang membuat reputasinya semakin diperhitungkan sebagai pesohor selebriti / tuan.

Barbeshop Pancos yang ia buka di Kemang, berbeda dengan barbershop pada umumnya, yang dirancang minimalis plus pencahayaan putih terang dari lampu. Siang hari pencahayaan dibantu oleh beberapa jendela yang menghasilkan pencahayaan maksimal. Henoch memasang sebagian besar tarif mulai dari 500 ribu hingga 1,5 juta per buah, tergantung pada layanan dan jenis diskon. Sekarang pelanggannya tidak lagi hanya orang biasa, pejabat, dan selebritas yang menjadi pelanggan Pancos.

Related articles

5 Gadget Non-Smartphone Terbaik di 2019, Mana Pilihanmu?

Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk merangkum deretan gadget terbaik yang lahir di tahun ini. Tak bisa dimungkiri banyak sekali gadget luar biasa yang lahir di tahun ini. Nah, berikut ini mari kita bahas deretan gadget terbaik tersebut. Namun kami harus menyisihkan smartphone karena ponsel pintar akan mendapat daftarnya sendiri di laporan kami selanjutnya. […]

Harbolnas 2019 Transaksi di E-commerce di Indonesia Melebihi Rp 9,1 Triliun

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2019 di platform e-commerce Indonesia dikatakan telah mencatat nilai transaksi sebesar Rp 9,1 triliun. Angka ini melebihi target nilai transaksi sebesar Rp8 triliun yang dipicu sebelum program dimulai. TAMBAHAN Total transaksi 2019 Harbolnas diungkapkan oleh perusahaan riset Nielsen Indonesia pada Rabu (18/12). Lembaga penelitian mengklaim bahwa mereka melakukan pemantauan penuh […]