Makan Seketika Menggunakan Tangan Anda Memiliki 7 Manfaat Sehat

Makan langsung menggunakan tangan Anda membuat rasa makanan lebih lezat. Tidak hanya itu, makan langsung menggunakan tangan Anda memberikan manfaat sehat.

Makan langsung dengan tangan Anda adalah budaya Indonesia yang sudah lama dikenal. Tetapi ini juga banyak dipraktikkan oleh orang India dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Seperti dilansir Little Bites of Beauty (06/06/17), seseorang bernama Zeromi menceritakan kisahnya saat berkunjung ke India. Dia melihat beberapa orang India memakan makanan mereka secara langsung dengan tangan.

Itu membuatnya sedikit terkejut dengan budaya itu. Dia melihat seorang nenek India duduk di sebuah restoran bintang lima mengambil saus kari dengan tangan mereka, kemudian mencampurnya dengan nasi menggunakan 4 jari mereka, dan memasukkannya langsung ke mulut cucunya.

Gamnbar /

Ada juga manajer berusia 30 tahun yang mendiskusikan bisnis sambil makan ayam tandoori mereka dengan tangan. Pengalaman ini tampaknya sangat baru bagi Zeromi. Tetapi bagi orang Indonesia ini bukan lagi hal baru, karena budaya ini juga dipraktikkan di sini.

Makan langsung menggunakan tangan ternyata juga memiliki manfaat besar. Berikut adalah 7 manfaat dari makan makanan sehat langsung menggunakan tangan Anda:

Latihan alami

Makan langsung dengan tangan adalah hal biasa di sebagian besar negara. Terutama bagi masyarakat Indonesia dan India. Karena di zaman kuno ketika tidak ada alat buatan manusia untuk dimakan, mereka akan menggunakan tangan mereka untuk memberi makan makanan ke dalam mulut mereka.

Pencernaan yang sehat

Saat menyentuh makanan dengan tangan Anda, jutaan saraf di ujung jari Anda mengirim pesan ke otak Anda bahwa Anda akan makan. Pesan ini kemudian diteruskan ke perut Anda, yang mulai melepaskan jus pencernaan dan enzim yang dibutuhkan untuk pencernaan.

Selain itu, ujung saraf di jari-jari Anda bahkan dapat merasakan suhu dan tekstur makanan yang akan Anda makan sehingga mempersiapkan otak Anda untuk memicu pelepasan cairan dan enzim pencernaan Anda.

Lebih berkonsentrasi pada makanan sepenuhnya

Makan langsung dengan tangan mengharuskan Anda sepenuhnya hadir. Dan keadaan pikiran yang tenang dan sadar memungkinkan pencernaan yang optimal dan membantu untuk tidak makan berlebihan.

Tidak hanya makan secara sadar meningkatkan asimilasi nutrisi dari makanan yang Anda makan, itu juga meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan membuat Anda meninggalkan meja dengan pikiran yang lebih tenang.

Melibatkan semua indera

Melibatkan semua indera bagaimana perasaan Anda, jika Anda menggunakan alat seperti sendok dan garpu itu terbatas pada tekstur yang Anda rasakan di mulut Anda. Makan langsung dengan tangan Anda dapat menambah dimensi sentuhan pada makanan Anda dan melibatkan semua indera.

Menghadirkan bakteri sehat di usus

Selama Anda mencuci tangan sebelum makan, kulit tangan akan dihuni oleh bakteri sehat, yang dikenal sebagai flora normal. Bakteri ini dapat melindungi Anda dari bakteri berbahaya lain yang berasal dari lingkungan luar.

Makan dengan tangan Anda meningkatkan kekebalan alami usus kita terhadap kuman lingkungan.

Cegah lidah terbakar karena suhu makanan yang panas

Tangan adalah sensor suhu yang sangat efektif. Ketika Anda makan dengan garpu, makanan langsung mengalir dari piring ke mulut Anda, dan Anda tidak menyadari bahwa itu terlalu panas.

Saat menyentuh makanan dengan tangan Anda, ujung saraf di ujung jari Anda akan memberi tahu Anda suhu makanan yang panas. Ini secara efektif dapat mencegah lidah Anda terbakar.

Buat lebih fokus

Dengan makanan di jari-jari Anda, itu membuat Anda terjebak melakukan hanya satu hal atau lebih fokus dan konsentrasi pada makanan. Jadi Anda akan terus fokus pada makan tanpa harus terganggu atau terganggu oleh hal-hal lain seperti menggunakan ponsel.

Related articles

Menikmati Suasana Ibiza di Cafe del Mar Bali

Ikon gaya hidup dari Ibiza telah tiba di Bali. Café del Mar Bali terbuka untuk umum pertengahan bulan ini. Terkenal karena matahari terbenam yang gemerlap dan musiknya yang renyah, Café del Mar Bali mengundang para pengunjung untuk menikmati makan siang sambil bersantai untuk waktu yang lama sampai matahari terbenam, makan malam, menari dan bergembira di […]

Cara Menulis Surat Pengunduran Diri (Dengan Sampel dan Kiat)

Apa itu surat pengunduran diri? Surat pengunduran diri adalah dokumen resmi yang mencatat akhir pekerjaan Anda dengan organisasi yang akan muncul setelah Anda menunjukkan keputusan Anda untuk pergi secara langsung atau melalui email. Itu selalu terbaik untuk berbicara langsung dengan manajer Anda sebelum mengirim surat pengunduran diri untuk memberi mereka waktu sebanyak mungkin untuk persiapan. Jika […]